FOREX punte PANDANGAN ISLAM Forex Dalam Perspektif Islam. Sebagian umat Islam meragukan ke halalan praktik perdagangan berjangka. Bagaimana menurut pandangan para pakar Islam Jangan engkau mengambil sesuatu Yang Niet Ada padamu Sabda Nabi Muhammad SAW-punte sebuah hadist CV Abu Hurairah. Sementara Fuqaha (Ahli Fiqih Islam) hadist tersebut di tafsirkan secara saklek. Pokoknya, setiap praktik is te koop-beli Yang Niet Ada barangnya pada waktu Akad hukumnya Haram. Penafsiran secara demikian itu Niet pelak lagi, membuat Fiqih Islam Sulit teller aan Voldoet aan tututan jaman Yang terus berkembang denganb perubahan-perubahannya. Karena itu sejumlah Ulama Klasik Yang terkenal dengan pemikirannya Yang cemerlang, menentang Cara penafsiran Yang terkesan sempit tersebut. Diantaranya Ibnu Alqoyyim. Ulama bernazhab Hambali ini berpendapat, bahwa Niet benar is te koop-beli Barang Yang Niet Nampak barangnya tersebut di larang. Baik punte Al-Koran, Sunnah maupun fatwa para Shahabat, larangan tersebut Niet Ada. Punte Sunnah Nabi hanya terdapat larangan menjual Barang Yang plaas Nog geen Ada, sebagaimana larangan beberapa Barang Yang Uitnodiging Ada pada waktu Akad. Causa legis term of ilat larangan tersebut bukan Ada term of Niet adanya Barang, melainkan Gharar, ujar dr Syamsul Anwar MA dari Iain suka Jogyakarta menjelaskan pendapat Ibn AlQayyim. Gharar n basiese ketidak pastian tentang apakah Barang Yang di perjual-belikan itu dapat diserahkan term of Niet. Misalkan sesorang menjual unta Yang hilang, term of menjual Barang Milik orang lain padahal Niet diberi kewenangan oleh Yang bersangkutan. Jadi meskipun pada waktu Akad barangnya Niet Ada, Egter Ada kepastian di adakan pada waktu diperlukan sehingga bisa di serahkan kepada pembeli, Maka is te koop-beli tersebut sah. Sebaliknya. kendati barangnya Uitnodiging Ada TAPI - karena Satu Dan Hal lain - Niet mungkin di serahkan kepada Pembeli, Maka is te koop beli itu Niet sah. Perdagangan berjangka jelas bukan Gharar, SEBAB punte Contract berjangkanya, Account komoditi Yang di is te koop-belikan Uitnodiging di tentukan. Begitu juga dengan Vrae, Mutu Dan tempat Serta waktu penyerahannya. Semuanya Hoof berjalan di op hierdie rel aturan Resmi Yang ketat, sebagai antisipasi terjadinya praktek penyimpangan berupa penipuan - Satu Hal Yang Sebenarnya bisa juga terjadi pada praktik is te koop-beli konvensional. Punte Perspektif Regte Islam, Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) - Forex n basiese termasuk bagian dari PBK - dapat di masukkan punte in kategorie al-Masail al Muashirah term of masalah-masalah hikum Islam Kontemporer. Oleh Karena itu, status Regte nya dapat di kategorikan kepada masalah Ijtihadiyah. Klasifikasi Ijtihadiyah termasuk kedalam Wilayah fi ma la Nasha vyfde, yakni masalah Regte Yang Niet mempunyai Verwysing Nash Regte Yang Pásti. Punte in kategorie masalah Regte al-sahrastani, IA termasuk kedalam paradigma al-Nushush QAD intahat wa alwaqai la tatanahi. Artinya Nash Regte punte bentuk Al-Koran as Sunnah Uitnodiging selesai Niet Ada lagi tambahan. Dengan demikian, kasus-kasus Regte yang baru muncul harus di berikan kepastian hukumnya terme op ijtihad. Punte kasus Regte PBK, ijtihad dapat merujuk pada teori perubahan Regte Yang di perkenalkan oleh Ibn al-Qayyim al-Jauziyyah. Ia menjelaskan, Fatwa Regte dapat berubah Karena beberapa veranderlike Perubahnya. Yakni: niat, waktu, tempat, tujuan Dan manfaat. Teori perubahan Regte ini diturunkan dari paradigma ilmu Regte van vraag gurunya, yaitu Ibn Taimiyyah Yang menyatakan bahwa: al-Haqiqat fi al-Ayan la fi al-adzhan. Artinnya kebenran Regte itu dijumpai punte kenyataan empirik, bukan punte Alam pemikiran term of Alam idee. Paradigma ini di turunkan dari Prinsip Regte Islam tentang keadilan Yang punte Al-Koran digunakan term al-mizan, 'n qisth, al-wasth, dan al-ADL. Punte penerapannya, secara toegewezen masalah PBK dapat dimasukan kedalam Gespecialiseerd kajian fiqih al-siyasah maliyyah, yakni politik Regte kebendaan. Punte in kata gelê, PBK termasuk kajian Regte Islam punte pengertian bagaimana Regte Islam diterapkan punte masalah kepemilikan op hierdie HARTA Benda, terme op Perdagangan Berjangka Komoditi punte era globalisasi Dan perdagangan bebas. Realisasi yang paling mungkin punte rangka melindungi pelaku Dan pihak-pihak Yang terlibat punte Perdagangan Berjangka Komoditi punte ruang Dan waktu Serta pertimbangan tujuan Dan mafaatnyadewasa ini, sejalan dengan semangat Dan bunyi UU No. 32/1977 tentang PBK. Karena teori prubahan hukumseperti di jelaskan di op hierdie, dapat menunjukan elastisitas Regte Islam punte kelembagaan Dan praktek perekonomian, Maka PBK punte sistem Regte Islam dapat di analogikan dengan baai al-Salam AJL bi ajil. Bay al-Salam dapat di artikan sebagai berikut: Al-Salam term of Al-salaf n basiese Bay AJL bi ajil, yakni memperjual - belikan sesuatu yang dengan | Privacy sifat-sifatnya Yang terjamin kebenarannya. So punte transaksi demikian, penyerahan Ras al-mal-punte bentuk uang sebagai Waardering: tukar didahulukan daripada penyerahan komoditi Yang di belastings punte transaksi itu. Ulama Syafiiyah Dan Hambaliyah mendefinisikannya dengan: Akad op hierdie komoditas is te koop-beli Yang diberi sifat terjamin Yang di tangguhkan (berjangka) dengan harga is te koop Yang ditetapkan didalam bursa Akad. Keabshahan transaksi is te koop-beli berjangka, ditentukan oleh terpenuhinya rukun Dan syarat sebagai berikut: Sebagai unsur-unsur Utama Yang harus Ada punte suatu peristiwa transaksi. Unsur-unsur Utama punte baai al-Salam n basiese: Pihak-pihak pelaku transaksi (aqid) yang disebut dengan term Moslem term of Moslem ilaih. Objek transaksi (maqud ilahi). yaitu Barang-Barang komoditi berjangka Dan Waardering: tukar (RAS al-mal al-Salam as al-Moslem vyfde). Kalimat transaksi (sighat aqad), yaitu ijab Dan qabul. Yang perlu di perhatikan dari unsur-unsur tersebut n basiese bahwa ijab Dan qabul dinyatakan punte Kalimat Dan bahasa yang jelas menunjukan transaksi berjangka. Karena itu Ulama Syafiiyyah menekankan Use term al-Salam term of al-salaf didalam Kalimat transaksi itu dengan alasan bahwa aqd al-Salam n basiese baai al-madum dengan sifat Dan Cara berbeda dari aqad is te koop as beli (koop). 2. Syarat-syarat. Persyaratan menyangkut voorwerp transaksi, bahwa yaitu beswaar transaksi harus Voldoet aan kejelasan mengenai: Jenisnya ( 'n yakun fi jinsin malumin), Sifatnya, Ukuran (kadar), Jangka penyerahan, harga tukar, dan tempat penyerahan. Persyaratan Yang harus di penuhi oleh harga tukar (al-tsaman). Yaitu: Pertama Kejelasan Account Alat tukar, yaitu dirham, dinar, Rupiah term of Dollar DSB term of Barang-Barang yang dapat di timbang, disukat DSB. Kedua kejelasan Account Alat tukar apakah Rupiah, dollar, euro, CHF term of sebagainya. Apakah timbangan Yang disepakati punte bentuk kilogram, dam, term of Ander. Kejelasan punte tentang kwalitas beswaar transaksi, apakah kwalitas istimewa, Baik sedang term of Buruk. Syarat-syarat di op hierdie ditetapkan dengan belastings menghilangkan Jahalah fi al - aqd term of alasan ketidak tahuan kondisi-kondisi Barang pada SAAT transaksi. SEBAB Hal ini akan mengakibatkan terjadinya perselisihan di Antara pelaku transaksi. Kejelasan Vrae harga tukar. Penjelasan di op hierdie Nampaknya Uitnodiging dapat memberikan kejelasan kebolehan PBK. Klaupun punte pelaksanaannya masih Ada pihak-pihak Yang di rugikan dengan peraturan perundang-undangan yang ada, Maka dapatlah digunakan kaidah Regte term of wetlike stelreël Yang berbunyi: Ma la yudrak kulluh la yudrak kulluh, yaitu. Apa Yang Niet dapat digunakan semuanya Hoof, Maka Niet perlu di tinggalkan keseluruhannya. Dengan demikian, Regte Dan pelaksanaan PBK sampai batas-batas tertentu boleh di nyatakan dapat verdien punte, term of setidak-tidaknya sesuai dengan semangat Dan JIWA normale Regte Islam, dengan menganalogikan kepada baai al-Salam. (Tulisan di op hierdie dihimpun dari berbagai beste bron).Written deur jaenal nurohman op Minggu, 10 Junie 2012 19,27 Investeringen forex merupakan Investeringen yang sangat menjanjikan dimana kita bisa memperoleh wins Yang cukup lumayan punte waktu Yang betreffende dink singkat. Apalagi dengan kehadiran Broker forex aanlyn yaitu Instaforex Yang memberikan Jasa forex sein di internet, semakin memudahkan setiap orang teller aan mendulang wins di Besigheid ini bahkan tanpa harus melewati upaya Belajar yang terlalu lama Dan tanpa harus memahami analisa teknikal / maupun fundamentele Yang memusingkan kepala. Penghasilan para handelaar-handelaar Forex professionele sangat Dan jauh meninggalkan para pelaku-pelaku Besigheid Ander seperti para pelaku Besigheid MLM Dan perdagangan konvensional. Tapi kemudian banyak Yang mempertanyakan kehalalan dari hasil Yang diperoleh Besigheid forex ini dikarenakan sifatnya Yang abstrak as Niet kasat Mata. Sebagian umat Islam meragukan kehalalan praktik perdagangan berjangka. Bagaimana menurut padangan para pakar Islam Jangan engkau menjual sesuatu Yang Niet Ada padamu, 8221 sabda Nabi Muhammad SAW, punte sebuah HADITS CV Abu Hurairah. Oleh sementara fuqaha (Ahli fiqih Islam), HADITS tersebut ditafsirkan secara saklek. Pokoknya, setiap praktik is te koop beli Yang Niet Ada barangnya pada waktu Akad, Haram. Penafsiran secara demikian itu, tak pelak lagi, membuat fiqih Islam Sulit teller aan Voldoet aan tuntutan jaman Yang terus berkembang dengan perubahan-perubahannya. Karena itu, sejumlah Ulama klasik Yang terkenal dengan pemikiran cemerlangnya, menentang Cara penafsiran Yang terkesan sempit tersebut. Misalnya, Ibn al-Qayyim. Ulama bermazhab Hambali ini berpendapat, bahwa Niet benar is te koop-beli Barang Yang Niet Ada dilarang. Baik punte Al Qur8217an, Sunnah maupun fatwa para sahabat, larangan itu Niet Ada. Punte Sunnah Nabi, hanya terdapat larangan menjual Barang Yang plaas Nog geen Ada, sebagaimana larangan beberapa Barang Yang Uitnodiging Ada pada waktu Akad. 8220Causa legis term of ilat larangan tersebut bukan Ada term of Niet adanya Barang, melainkan garar, 8221 ujar Dr. Syamsul Anwar. MA dari Iain suka Yogyakarta menjelaskan pendapat Ibn al-Qayyim. Garar n basiese ketidakpastian tentang apakah Barang Yang diperjual-belikan itu dapat diserahkan term of Niet. Misalnya, seseorang menjual unta Yang hilang. Term of menjual Barang Milik orang gelê padahal Niet diberi kewenangan oleh Yang bersangkutan. Jadi, meskipun pada waktu Akad barangnya Niet Ada, Egter Ada kepastian diadakan pada waktu diperlukan sehingga bisa diserahkan kepada pembeli, Maka is te koop beli tersebut sah. Sebaliknya, kendati barangnya Uitnodiging Ada TAPI 8211 Karena Satu Dan gelê Hal 8212 Niet mungkin diserahkan kepada pembeli, Maka is te koop beli itu Niet sah. Perdagangan berjangka, jelas, bukan garar. SEBAB, punte Contract berjangkanya, Account komoditi Yang dijual-belikan Uitnodiging ditentukan. Begitu juga dengan Vrae, Mutu, tempat Dan waktu penyerahannya. Semuanya Hoof berjalan di op hierdie rel aturan Resmi Yang ketat, sebagai antisipasi terjadinya praktek penyimpangan berupa penipuan 8212 Satu Hal Yang sebetulnya bisa juga terjadi pada praktik jua-beli konvensional. Punte perspektif Regte Islam, Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) (forex n basiese bagian dari PBK) dapat Ingevuld ke punte in kategorie almasa8217il almu8217ashirah term of masalah-masalah Regte Islam kontemporer. Karena itu, status hukumnya dapat dikategorikan kepada masalah ijtihadiyyah. Klasifikasi ijtihadiyyah masuk ke punte Wilayah fi ma la Nasha vyfde, yakni masalah Regte Yang Niet mempunyai Verwysing Nash Regte Yang Pásti. Punte in kategorie masalah Regte al-Sahrastani, IA termasuk ke punte paradigma al-nushush QAD intahat wa Al-waqa8217I la tatanahi. Artinya, Nash Regte punte bentuk Al-Koran as Sunnah Uitnodiging selesai Niet lagi Ada tambahan. Dengan demikian, kasus-kasus Regte yang baru muncul mesti punte is toegeken kepastian hukumnya terme op ijtihad. Punte kasus Regte PBK, ijtihad dapat merujuk kepada teori perubahan Regte Yang diperkenalkan oleh Ibn Qoyyim al-Jauziyyah. Ia menjelaskan, fatwa Regte dapat berubah Karena beberapa veranderlike perubahnya, yakni: waktu, tempat, niat, tujuan Dan manfaat. Teori perubahan Regte ini diturunkan dari paradigma ilmu Regte van vraag gurunya Ibn Taimiyyah, Yang menyatakan bahwa n haqiqah fi al-a8217yan la fi al-adzhan. Artinya, kebenaran Regte itu dijumpai punte kenyataan empirik bukan punte Alam pemikiran term of Alam idee. Paradigma ini diturunkan dari prinsip Regte Islam tentang keadilan Yang punte Al Koran digunakan term al-mizan, 'n qisth, al-wasth, dan al-ADL. Punte penerapannya, secara toegewezen masalah PBK dapat Ingevuld ke in nog kajian Fiqh al-siyasah maliyyah, yakni politik Regte kebendaan. Dengan kata gelê, PBK termasuk kajian Regte Islam punte pengertian bagaimana Regte Islam diterapkan punte masalah kepemilikan op hierdie HARTA Benda, terme op perdagangan berjangka komoditi punte era globalisasi Dan perdagangan bebas. Realisasi yang paling mungkin punte rangka melindungi pelaku Dan pihak-pihak Yang terlibat punte perdagangan berjangka komoditi punte ruang Dan waktu Serta pertimbangan tujuan Dan manfaatnya dewasa ini, sejalan dengan semangat Dan bunyi UU No. 32/1977 tentang PBK. Karena teori perubahan Regte seperti dijelaskan di op hierdie, dapat menunjukkan elastisitas Regte Islam punte kelembagaan Dan praktek perekonomian, Maka PBK punte sistem Regte Islam dapat dianalogikan dengan bay8217 al-salam8217ajl bi8217ajil. Bay8217 al-Salam dapat diartikan sebagai berikut. Al-Salam term of al-salaf n basiese bay8217 AJL bi8217ajil, yakni memperjualbelikan sesuatu yang dengan | Privacy sifat-sifatnya Yang terjamin kebenarannya. So punte transaksi demikian, penyerahan ra8217s al-mal-punte bentuk uang sebagai Waardering: tukar didahulukan daripada penyerahan komoditi Yang dimaksud punte transaksi itu. Ulama Syafi8217iyah Dan Hanabilah mendefinisikannya dengan: 8220Akad op hierdie komoditas is te koop beli Yang diberi sifat terjamin Yang ditangguhkan (berjangka) dengan harga is te koop Yang ditetapkan di punte bursa akad8221. Keabsahan transaksi is te koop beli berjangka, ditentukan oleh terpenuhinya rukun Dan syarat sebagai berikut. Rukun sebagai unsur-unsur Utama Yang harus Ada punte suatu peristiwa transaksi Unsur-unsur Utama di punte bay8217 al-Salam n basiese: Pihak-pihak pelaku transaksi (8216aqid) yang disebut dengan term Moslem term of Moslem ilaih. Objek transaksi (ma8217qud alaih), yaitu Barang-Barang komoditi berjangka Dan harga tukar (ra8217s al-mal al-Salam as al-Moslem vyfde). Kalimat transaksi (Sighat 8216aqad), yaitu ijab Dan Kaboel. Yang perlu diperhatikan dari unsur-unsur tersebut, n basiese bahwa ijab Dan qabul dinyatakan punte Bahasa Dan Kalimat Yang jelas menunjukkan transaksi berjangka. Karena itu, Ulama Syafi8217iyah menekankan Use term al-Salam term of al-salaf di punte Kalimat-Kalimat transaksi itu, dengan alasan bahwa 8216aqd al-Salam n basiese bay8217 al-ma8217dum dengan sifat Dan Cara berbeda dari Akad is te koop as beli (koop). Persyaratan menyangkut objek transaksi, n basiese: bahwa objek transaksi harus Voldoet aan kejelasan mengenai: jenisnya ( 'n yakun fi jinsin ma8217lumin), sifatnya, ukuran (kadar), jangka penyerahan, harga tukar, tempat penyerahan. Persyaratan Yang harus dipenuhi oleh harga tukar (al-tsaman), n basiese, Pertama, kejelasan Account Alat tukar, yaitu dirham, dinar, roepia term of dolar DSB term of Barang-Barang yang dapat ditimbang, disukat, DSB. Kedua, kejelasan Account Alat tukar apakah roepia, dolar Amerika, dolar Singapore, dst. Apakah timbangan Yang disepakati punte bentuk kilogram, dam, dst. Kejelasan tentang kualitas objek transaksi, apakah kualitas istimewa, Baik sedang term of Buruk. Syarat-syarat di op hierdie ditetapkan dengan belastings menghilangkan jahalah fi al-8217aqd term of alasan ketidaktahuan kondisi-kondisi Barang pada SAAT transaksi. SEBAB Hal ini akan mengakibatkan terjadinya perselisihan di Antara pelaku transaksi, Yang Akan merusak Waardering: transaksi. Kejelasan Vrae harga tukar. Penjelasan singkat di op hierdie Nampaknya Resef dapat memberikan kejelasan kebolehan PBK. Kalaupun punte pelaksanaannya masih Ada pihak-pihak Yang merasa dirugikan dengan peraturan perundang-undangan yang ada, Maka dapatlah digunakan kaidah Regte term of wetlike stelreël Yang berbunyi: Ma la yudrak kulluh la yutrak kulluh. Apa Yang Niet dapat dilaksanakan semuanya Hoof, Maka Niet perlu ditinggalkan keseluruhannya. Dengan demikian, Regte Dan pelaksanaan PBK sampai batas-batas tertentu boleh dinyatakan dapat verdien punte term of setidak-tidaknya sesuai dengan semangat Dan JIWA normale Regte Islam, dengan menganalogikan kepada bay8217 al-Salam. Punte bukunya Prof. Drs. Masjfuk Zuhdi Yang berjudul MASAIL FIQHIYAH Kapita Selecta Regte Islam, diperoleh bahwa Forex (Perdagangan Valas) diperbolehkan punte Regte Islam. Perdagangan valuta asing timbul Karena adanya perdagangan Barang-Barang kebutuhan / komoditi Antar Negara Yang bersifat n Internasionale. Perdagangan (Ekspor-Invoer) ini tentu memerlukan Alat Bayar yaitu UANG Yang Masinga-Masinga Negara mempunyai | Privacy die gebruiker dan berbeda Satu SAMA Ander sesuai dengan penawaran Dan permintaan diantara Negara-Negara tersebut sehingga timbul PERBANDINGAN Waardering: MATA UANG Antar Negara. Perbandingan Waardering: Mata uang Antar Negara terkumpul punte suatu BURSA term of Pasar Yang bersifat n Internasionale Dan terikat punte suatu kesepakatan bersama Yang saling menguntungkan. Waardering: Mata uang suatu Negara dengan Negara Ander ini berubah (berfluktuasi) setiap SAAT sesuai volume permintaan Dan penawarannya. Adanya permintaan Dan penawaran inilah Yang menimbulkan transaksi Mata uang. Yang secara nyata hanyalah tukar-menukar Mata uang Yang berbeda Waardering:. Regte ISLAM punte TRANSAKSI VALAS 1. Ada Ijab-Qobul: 8212gt Ada Algemene teller aan memberi Dan menerima Penjual menyerahkan Barang Dan pembeli membayar tunai. Ijab-Qobulnya dilakukan dengan Lisan, tulisan Dan utusan. Pembeli Dan penjual mempunyai wewenang penuh melaksanakan Dan melakukan tindakan-tindakan Regte (dewasa Dan berpikiran sehat) 2. Voldoet aan syarat menjadi objek transaksi is te koop-beli yaitu: Suci barangnya (bukan najis) Barang Uitnodiging berada ditangannya Jika barangnya diperoleh dengan imbalan. Perlu ditambahkan pendapat Muhammad Isa, bahwa is te koop beli saham itu diperbolehkan punte Agama. 8220Jangan kamu membeli IKAN punte lug, Karena sesungguhnya is te koop beli Yang demikian itu mengandung penipuan8221. (Hadis Ahmad bin Hambal Dan Al Baihaqi dari Ibnu Mas8217ud) is te koop beli Barang Yang Niet di tempat transaksi diperbolehkan dengan syarat harus diterangkan sifat-sifatnya term of CIRI-cirinya. Kemudian Jika Barang sesuai dengan woordenlijst penjual, Maka sahlah is te koop belinya. Tetapi Jika Niet sesuai Maka pembeli mempunyai HAK khiyar, artinya boleh meneruskan term of membatalkan is te koop belinya. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi CV Al Daraquthni dari Abu Hurairah: 8220Barang siapa Yang membeli sesuatu Yang ia Niet melihatnya, Maka IA berhak khiyar Jika IA Resef melihatnya8221. Is te koop beli hasil tanam yang masih terpendam, seperti ketela, kentang, bawang Dan sebagainya juga diperbolehkan, asal diberi contohnya, Karena Akan mengalami kesulitan term of kerugian Jika harus mengeluarkan ALLE hasil tanaman Yang terpendam teller aan dijual. Hal ini sesuai dengan kaidah Regte Islam: Kesulitan itu menarik kemudahan. Demikian juga is te koop beli Barang-Barang Yang Resef terbungkus / tertutup, seperti Makanan kalengan, LPG, dan sebagainya, asalkam diberi etiket Yang menerangkan isinya. Vide Sabiq, op. cit. Hal. 135. Mengenai Teks kaidah Regte Islam tersebut di op hierdie, vide Al Suyuthi, Al Ashbah wa al Nadzair, Egipte, Mustafa Mohammed, 1936 Hal. 55.Undang-INFO Perdagangan Tukaran Wang Asing oleh persoon is (persoon is Spot Forex) van terme platform Elektronik Perbincangan Majlis Kebangsaan bagi Hal Ehwal Islam fatwa Maleisië ke-98, Yang berlangsung pada 13 hingga 15 Februarie 2012 Resef membincangkan Vrae INFO-INFO Perdagangan Pertukaran Wang Asing oleh persoon is (Spot Forex indi) Via platform Elektronik. Diterjemahkan Dan Resef diputuskan keputusan seperti berikut: Selepas mendengar taklimat Dan penjelasan pakar-pakar dari Akademi Penyelidikan Syariah Antarabangsa bagi Kewangan Islam (ISRA) Dan meneliti woordenlijst, hujah-hujah Dan pandangan Yang dikemukakan, Muzakarah menekankan bahawa perdagangan pertukaran asing (forex) oleh indi - individu di tempat (forex indi spot) term of terme op platform ELEKTRONIK Yang melibatkan item ribawi (Mata wang) Dan dari SEGI fiqhiyyah IA tertakluk kepada INFO-INFO Bay al-Sarf Yang perlu dipatuhi kepada syarat-syarat am is te koop beli Dan syarat Khas teller aan al - Sarf Bay seperti berikut: Syarat is is te koop beli. Pihak-pihak Yang mengendalikan Contract itu mesti mempunyai kelayakan teller aan melakukan Contract (al Taaqud Ahliyyah) Harga Duarte mesti diketahui dengan jelas oleh kedua-dua pihak Contract itu Membeli barangan hendaklah dipastikan sesuatu Barang itu wujud Dan dimiliki sepenuhnya oleh pihak Yang menjual Dan boleh diserahkan kepada pembeli itu sighah Contract hendaklah menunjukkan persetujuan kedua-dua Bela pihak, dan sighah qabul ialah persetujuan bersama Yang dicapai Dan mesti sesuai Dan Voldoet aan Antara Satu SAMA gelê dari SEGI CIRI-CIRI Dan Punte. Syarat-syarat tertentu Bay al-Sarf: Berlaku taqabbudh (tugasan) di Antara dua Barang Yang terlibat punte platform forex sebelum kedua-dua pihak mempunyai transaksi berasingan daripada Contract Membeli Dan menjual Mata Wang Yang dijalankan di tempat kejadian Dan Niet boleh berlaku sebarang kelewatan Jualan al-Sarf bebas daripada al-syart Khiyar. Selain daripada Voldoet aan keperluan ini, Muzakarah juga menegaskan bahawa operasi perdagangan pertukaran wang asing (forex) n basiese bebas daripada sebarang unsur-unsur Riba, unsur-unsur al-Salaf wa Al-Bay (penjualan secara hutang), perjudian. melebihi Waardering: (gharar) Dan kekejaman term of eksploitasi dari mana-mana pihak. Berdasarkan kajian Yang Resef dilakukan, Muzakarah mendapati bahawa dagangan pertukaran Mata wang asing (forex) oleh indi (Spot Forex indi) van terme platform ELEKTRONIK seperti Komputer Riba Resef mengenakan faedah peralihan (roll rente), Dan memberi kemudahan mambuat perdagangan terme op peruntukan hutang term of hefboom. qabd Niet jelas apabila Urus handel pertukaran, penjualan Mata Wang Yang Niet wujud Serta melibatkan perjudian Dan spekulasi. So samping itu, IA juga Niet diluluskan oleh Kerajaan Maleisië. Sehubungan itu, Muzakarah bersetuju memutuskan bahawa dagangan pertukaran wang asing (forex) oleh indi-indi-punte (Spot Forex indi) van terme platform ELEKTRONIK Yang terdapat pada MVSA ini n basiese Haram kerana IA menimbulkan konflik as bercanggah dengan kehendak INFO-INFO Islam as Niet sah dari INFO-INFO Negara. Sehubungan itu, umat Islam n basiese dilarang daripada terlibat punte perdagangan Mata wang seperti ini. Perbincangan juga menegaskan bahawa keputusan ini dikecualikan bagi Urus handel pertukaran asing di kaunter di bank Dan pertukaran Mata wang perdagangan pertukaran asing yang dikendalikan oleh institusi kewangan Yang dilesenkan di VRAAG HIERONDER INFO-INFO Malaysia. Forex dari Perspektif Islam Sebagian umat Islam Ada yang meragukan kehalalan praktik perdagangan berjangka. Bagaimana menurut padangan para pakar Islam Apa pendapat para Ulama mengenai handel forex, handel saham, handelsindeks, saham, dan komoditi Apakah Regte Forex Trading Valas Halal Menurut Regte Islam Mari kita ikuti selengkapnya. Jangan engkau menjual sesuatu Yang Niet Ada padamu, 8221 sabda Nabi Muhammad SAW, punte sebuah HADITS CV Abu Hurairah. Oleh sementara fuqaha (Ahli fiqih Islam), HADITS tersebut ditafsirkan secara saklek. Pokoknya, setiap praktik is te koop beli Yang Niet Ada barangnya pada waktu Akad, Haram. Penafsiran secara demikian itu, tak pelak lagi, membuat fiqih Islam Sulit teller aan Voldoet aan tuntutan jaman Yang terus berkembang dengan perubahan-perubahannya. Karena itu, sejumlah Ulama klasik Yang terkenal dengan pemikiran cemerlangnya, menentang Cara penafsiran Yang terkesan sempit tersebut. Misalnya, Ibn al-Qayyim. Ulama bermazhab Hambali ini berpendapat, bahwa Niet benar is te koop-beli Barang Yang Niet Ada dilarang. Baik punte Al Qur8217an, Sunnah maupun fatwa para sahabat, larangan itu Niet Ada. Punte Sunnah Nabi, hanya terdapat larangan menjual Barang Yang plaas Nog geen Ada, sebagaimana larangan beberapa Barang Yang Uitnodiging Ada pada waktu Akad. 8220Causa legis term of ilat larangan tersebut bukan Ada term of Niet adanya Barang, melainkan garar, 8221 ujar Dr. Syamsul Anwar, MA van vraag Iain suka Yogyakarta menjelaskan pendapat Ibn al-Qayyim. Garar n basiese ketidakpastian tentang apakah Barang Yang diperjual-belikan itu dapat diserahkan term of Niet. Misalnya, seseorang menjual unta Yang hilang. Term of menjual Barang Milik orang gelê padahal Niet diberi kewenangan oleh Yang bersangkutan. Jadi, meskipun pada waktu Akad barangnya Niet Ada, Egter Ada kepastian diadakan pada waktu diperlukan sehingga bisa diserahkan kepada pembeli, Maka is te koop beli tersebut sah. Sebaliknya, kendati barangnya Uitnodiging Ada TAPI 8211 Karena Satu Dan gelê Hal 8212 Niet mungkin diserahkan kepada pembeli, Maka is te koop beli itu Niet sah. Perdagangan berjangka, jelas, bukan garar. SEBAB, punte Contract berjangkanya, Account komoditi Yang dijual-belikan Uitnodiging ditentukan. Begitu juga dengan Vrae, Mutu, tempat Dan waktu penyerahannya. Semuanya Hoof berjalan di op hierdie rel aturan Resmi Yang ketat, sebagai antisipasi terjadinya praktek penyimpangan berupa penipuan 8212 Satu Hal Yang sebetulnya bisa juga terjadi pada praktik jua-beli konvensional. Punte perspektif Regte Islam, Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) (forex n basiese bagian dari PBK) dapat Ingevuld ke punte in kategorie almasa8217il almu8217ashirah term of masalah-masalah Regte Islam kontemporer. Karena itu, status hukumnya dapat dikategorikan kepada masalah ijtihadiyyah. Klasifikasi ijtihadiyyah masuk ke punte Wilayah fi ma la Nasha vyfde, yakni masalah Regte Yang Niet mempunyai Verwysing Nash Regte Yang Pásti. Punte in kategorie masalah Regte al-Sahrastani, IA termasuk ke punte paradigma al-nushush QAD intahat wa Al-waqa8217I la tatanahi. Artinya, Nash Regte punte bentuk Al-Koran as Sunnah Uitnodiging selesai Niet lagi Ada tambahan. Dengan demikian, kasus-kasus Regte yang baru muncul mesti punte is toegeken kepastian hukumnya terme op ijtihad. Punte kasus Regte PBK, ijtihad dapat merujuk kepada teori perubahan Regte Yang diperkenalkan oleh Ibn Qoyyim al-Jauziyyah. Ia menjelaskan, fatwa Regte dapat berubah Karena beberapa veranderlike perubahnya, yakni: waktu, tempat, niat, tujuan Dan manfaat. Teori perubahan Regte ini diturunkan dari paradigma ilmu Regte van vraag gurunya Ibn Taimiyyah, Yang menyatakan bahwa n haqiqah fi al-a8217yan la fi al-adzhan. Artinya, kebenaran Regte itu dijumpai punte kenyataan empirik bukan punte Alam pemikiran term of Alam idee. Paradigma ini diturunkan dari prinsip Regte Islam tentang keadilan Yang punte Al Koran digunakan term al-mizan, 'n qisth, al-wasth, dan al-ADL. Punte penerapannya, secara toegewezen masalah PBK dapat Ingevuld ke in nog kajian Fiqh al-siyasah maliyyah, yakni politik Regte kebendaan. Dengan kata gelê, PBK termasuk kajian Regte Islam punte pengertian bagaimana Regte Islam diterapkan punte masalah kepemilikan op hierdie HARTA Benda, terme op perdagangan berjangka komoditi punte era globalisasi Dan perdagangan bebas. Realisasi yang paling mungkin punte rangka melindungi pelaku Dan pihak-pihak Yang terlibat punte perdagangan berjangka komoditi punte ruang Dan waktu Serta pertimbangan tujuan Dan manfaatnya dewasa ini, sejalan dengan semangat Dan bunyi UU No. 32/1977 tentang PBK. Karena teori perubahan Regte seperti dijelaskan di op hierdie, dapat menunjukkan elastisitas Regte Islam punte kelembagaan Dan praktek perekonomian, Maka PBK punte sistem Regte Islam dapat dianalogikan dengan bay8217 al-salam8217ajl bi8217ajil. Bay8217 al-Salam dapat diartikan sebagai berikut. Al-Salam term of al-salaf n basiese bay8217 AJL bi8217ajil, yakni memperjualbelikan sesuatu yang dengan | Privacy sifat-sifatnya Yang terjamin kebenarannya. So punte transaksi demikian, penyerahan ra8217s al-mal-punte bentuk uang sebagai Waardering: tukar didahulukan daripada penyerahan komoditi Yang dimaksud punte transaksi itu. Ulama Syafi8217iyah Dan Hanabilah mendefinisikannya dengan: 8220Akad op hierdie komoditas is te koop beli Yang diberi sifat terjamin Yang ditangguhkan (berjangka) dengan harga is te koop Yang ditetapkan di punte bursa akad8221. Keabsahan transaksi is te koop beli berjangka, ditentukan oleh terpenuhinya rukun Dan syarat sebagai berikut: a) Rukun sebagai unsur-unsur Utama Yang harus Ada punte suatu peristiwa transaksi Unsur-unsur Utama di punte bay8217 al-Salam n basiese: Pihak-pihak pelaku transaksi (8216aqid) Yang disebut dengan term Moslem term of Moslem ilaih. Objek transaksi (ma8217qud alaih), yaitu Barang-Barang komoditi berjangka Dan harga tukar (ra8217s al-mal al-Salam as al-Moslem vyfde). Kalimat transaksi (Sighat 8216aqad), yaitu ijab Dan Kaboel. Yang perlu diperhatikan dari unsur-unsur tersebut, n basiese bahwa ijab Dan qabul dinyatakan punte Bahasa Dan Kalimat Yang jelas menunjukkan transaksi berjangka. Karena itu, Ulama Syafi8217iyah menekankan Use term al-Salam term of al-salaf di punte Kalimat-Kalimat transaksi itu, dengan alasan bahwa 8216aqd al-Salam n basiese bay8217 al-ma8217dum dengan sifat Dan Cara berbeda dari Akad is te koop as beli (koop). Persyaratan menyangkut objek transaksi, n basiese: bahwa objek transaksi harus Voldoet aan kejelasan mengenai: jenisnya ( 'n yakun fi jinsin ma8217lumin), sifatnya, ukuran (kadar), jangka penyerahan, harga tukar, tempat penyerahan. Persyaratan Yang harus dipenuhi oleh harga tukar (al-tsaman), n basiese, Pertama, kejelasan Account Alat tukar, yaitu dirham, dinar, roepia term of dolar DSB term of Barang-Barang yang dapat ditimbang, disukat, DSB. Kedua, kejelasan Account Alat tukar apakah roepia, dolar Amerika, dolar Singapore, dst. Apakah timbangan Yang disepakati punte bentuk kilogram, dam, dst. Kejelasan tentang kualitas objek transaksi, apakah kualitas istimewa, Baik sedang term of Buruk. Syarat-syarat di op hierdie ditetapkan dengan belastings menghilangkan jahalah fi al-8217aqd term of alasan ketidaktahuan kondisi-kondisi Barang pada SAAT transaksi. SEBAB Hal ini akan mengakibatkan terjadinya perselisihan di Antara pelaku transaksi, Yang Akan merusak Waardering: transaksi. Kejelasan Vrae harga tukar. Penjelasan singkat di op hierdie Nampaknya Resef dapat memberikan kejelasan kebolehan PBK. Kalaupun punte pelaksanaannya masih Ada pihak-pihak Yang merasa dirugikan dengan peraturan perundang-undangan yang ada, Maka dapatlah digunakan kaidah Regte term of wetlike stelreël Yang berbunyi: Ma la yudrak kulluh la yutrak kulluh. Apa Yang Niet dapat dilaksanakan semuanya Hoof, Maka Niet perlu ditinggalkan keseluruhannya. Dengan demikian, Regte Dan pelaksanaan PBK sampai batas-batas tertentu boleh dinyatakan dapat verdien punte term of setidak-tidaknya sesuai dengan semangat Dan JIWA normale Regte Islam, dengan menganalogikan kepada bay8217 al-salam. Sebagian umat Islam meragukan kehalalan praktik perdagangan berjangka. Bagaimana menurut padangan para pakar Islam 8220 Jangan engkau menjual sesuatu Yang Niet Ada padamu 8221 sabda Nabi Muhammad SAW, punte sebuah HADITS CV Abu Hurairah. Oleh sementara fuqaha (Ahli fiqih Islam), HADITS tersebut ditafsirkan secara saklek. Pokoknya, setiap praktik is te koop beli Yang Niet Ada barangnya pada waktu Akad, Haram. Penafsiran secara demikian itu, tak pelak lagi, membuat fiqih Islam Sulit teller aan Voldoet aan tuntutan jaman Yang terus berkembang dengan perubahan-perubahannya. Karena itu, sejumlah Ulama klasik Yang terkenal dengan pemikiran cemerlangnya, menentang Cara penafsiran Yang terkesan sempit tersebut. Misalnya, Ibn al-Qayyim. Ulama bermazhab Hambali ini berpendapat, bahwa Niet benar is te koop-beli Barang Yang Niet Ada dilarang. Baik punte Al Koran, Sunnah maupun fatwa para sahabat, larangan itu Niet Ada. Punte Sunnah Nabi, hanya terdapat larangan menjual Barang Yang plaas Nog geen Ada, sebagaimana larangan beberapa Barang Yang Uitnodiging Ada pada waktu Akad. Causa legis term of ilat larangan tersebut bukan Ada term of Niet adanya Barang, melainkan garar, ujar Dr. Syamsul Anwar, MA van vraag Iain suka Yogyakarta menjelaskan pendapat Ibn al-Qayyim. Garar n basiese ketidakpastian tentang apakah Barang Yang diperjual-belikan itu dapat diserahkan term of Niet. Misalnya, seseorang menjual unta Yang hilang. Term of menjual Barang Milik orang gelê padahal Niet diberi kewenangan oleh Yang bersangkutan. Jadi, meskipun pada waktu Akad barangnya Niet Ada, Egter Ada kepastian diadakan pada waktu diperlukan sehingga bisa diserahkan kepada pembeli, Maka is te koop beli tersebut sah. Sebaliknya, kendati barangnya Uitnodiging Ada TAPI 8211 Karena Satu Dan gelê Hal Niet mungkin diserahkan kepada pembeli, Maka is te koop beli itu Niet sah. Perdagangan berjangka, jelas, bukan garar. SEBAB, punte Contract berjangkanya, Account komoditi Yang dijual-belikan Uitnodiging ditentukan. Begitu juga dengan Vrae, Mutu, tempat Dan waktu penyerahannya. Semuanya Hoof berjalan di op hierdie rel aturan Resmi Yang ketat, sebagai antisipasi terjadinya praktek penyimpangan berupa penipuan Satu Hal Yang sebetulnya bisa juga terjadi pada praktik jua-beli konvensional. Punte perspektif Regte Islam, Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) (forex n basiese bagian dari PBK) dapat Ingevuld ke punte in kategorie almasail almuashirah term of masalah-masalah Regte Islam kontemporer. Karena itu, status hukumnya dapat dikategorikan kepada masalah ijtihadiyyah. Klasifikasi ijtihadiyyah masuk ke punte Wilayah fi ma la Nasha vyfde, yakni masalah Regte Yang Niet mempunyai Verwysing Nash Regte Yang Pásti. Punte in kategorie masalah Regte al-Sahrastani, IA termasuk ke punte paradigma al-nushush QAD intahat wa Al-waqaI la tatanahi. Artinya, Nash Regte punte bentuk Al-Koran as Sunnah Uitnodiging selesai Niet lagi Ada tambahan. Dengan demikian, kasus-kasus Regte yang baru muncul mesti punte is toegeken kepastian hukumnya terme op ijtihad. Punte kasus Regte PBK, ijtihad dapat merujuk kepada teori perubahan Regte Yang diperkenalkan oleh Ibn Qoyyim al-Jauziyyah. Ia menjelaskan, fatwa Regte dapat berubah Karena beberapa veranderlike perubahnya, yakni: waktu, tempat, niat, tujuan Dan manfaat. Teori perubahan Regte ini diturunkan dari paradigma ilmu Regte van vraag gurunya Ibn Taimiyyah, Yang menyatakan bahwa n haqiqah fi al-Ayan la fi al-adzhan. Artinya, kebenaran Regte itu dijumpai punte kenyataan empirik bukan punte Alam pemikiran term of Alam idee. Paradigma ini diturunkan dari prinsip Regte Islam tentang keadilan Yang punte Al Koran digunakan term al-mizan, 'n qisth, al-wasth, dan al-ADL. Punte penerapannya, secara toegewezen masalah PBK dapat Ingevuld ke in nog kajian Fiqh al-siyasah maliyyah, yakni politik Regte kebendaan. Dengan kata gelê, PBK termasuk kajian Regte Islam punte pengertian bagaimana Regte Islam diterapkan punte masalah kepemilikan op hierdie HARTA Benda, terme op perdagangan berjangka komoditi punte era globalisasi Dan perdagangan bebas. Realisasi yang paling mungkin punte rangka melindungi pelaku Dan pihak-pihak Yang terlibat punte perdagangan berjangka komoditi punte ruang Dan waktu Serta pertimbangan tujuan Dan manfaatnya dewasa ini, sejalan dengan semangat Dan bunyi UU No. 32/1977 tentang PBK. Karena teori perubahan Regte seperti dijelaskan di op hierdie, dapat menunjukkan elastisitas Regte Islam punte kelembagaan Dan praktek perekonomian, Maka PBK punte sistem Regte Islam dapat dianalogikan dengan baai al-salamajl biajil. Bay al-Salam dapat diartikan sebagai berikut. Al-Salam term of al-salaf n basiese Bay AJL biajil, yakni memperjualbelikan sesuatu yang dengan | Privacy sifat-sifatnya Yang terjamin kebenarannya. So punte transaksi demikian, penyerahan Ras al-mal-punte bentuk uang sebagai Waardering: tukar didahulukan daripada penyerahan komoditi Yang dimaksud punte transaksi itu. Ulama Syafiiyah Dan Hanabilah mendefinisikannya dengan: Akad op hierdie komoditas is te koop beli Yang diberi sifat terjamin Yang ditangguhkan (berjangka) dengan harga is te koop Yang ditetapkan di punte bursa Akad. Keabsahan transaksi is te koop beli berjangka, ditentukan oleh terpenuhinya rukun Dan syarat sebagai berikut. Rukun sebagai unsur-unsur Utama Yang harus Ada punte suatu peristiwa transaksi Unsur-unsur Utama di punte baai al-Salam n basiese: Pihak-pihak pelaku transaksi (aqid) yang disebut dengan term Moslem term of Moslem ilaih. Objek transaksi (maqud alaih), yaitu Barang-Barang komoditi berjangka Dan harga tukar (RAS al-mal al-Salam as al-Moslem vyfde). Kalimat transaksi (Sighat aqad), yaitu ijab Dan Kaboel. Yang perlu diperhatikan dari unsur-unsur tersebut, n basiese bahwa ijab Dan qabul dinyatakan punte Bahasa Dan Kalimat Yang jelas menunjukkan transaksi berjangka. Karena itu, Ulama Syafiiyah menekankan Use term al-Salam term of al-salaf di punte Kalimat-Kalimat transaksi itu, dengan alasan bahwa aqd al-Salam n basiese baai al-madum dengan sifat Dan Cara berbeda dari Akad is te koop as beli (koop). Persyaratan menyangkut objek transaksi, n basiese: bahwa objek transaksi harus Voldoet aan kejelasan mengenai: jenisnya ( 'n yakun fi jinsin malumin), sifatnya, ukuran (kadar), jangka penyerahan, harga tukar, tempat penyerahan. Persyaratan Yang harus dipenuhi oleh harga tukar (al-tsaman), n basiese, Pertama, kejelasan Account Alat tukar, yaitu dirham, dinar, roepia term of dolar DSB term of Barang-Barang yang dapat ditimbang, disukat, DSB. Kedua, kejelasan Account Alat tukar apakah roepia, dolar Amerika, dolar Singapore, dst. Apakah timbangan Yang disepakati punte bentuk kilogram, dam, dst. Kejelasan tentang kualitas objek transaksi, apakah kualitas istimewa, Baik sedang term of Buruk. Syarat-syarat di op hierdie ditetapkan dengan belastings menghilangkan jahalah fi al-aqd term of alasan ketidaktahuan kondisi-kondisi Barang pada SAAT transaksi. SEBAB Hal ini akan mengakibatkan terjadinya perselisihan di Antara pelaku transaksi, Yang Akan merusak Waardering: transaksi. Kejelasan Vrae harga tukar. Penjelasan singkat di op hierdie Nampaknya Resef dapat memberikan kejelasan kebolehan PBK. Kalaupun punte pelaksanaannya masih Ada pihak-pihak Yang merasa dirugikan dengan peraturan perundang-undangan yang ada, Maka dapatlah digunakan kaidah Regte term of wetlike stelreël Yang berbunyi: Ma la yudrak kulluh la yutrak kulluh. Apa Yang Niet dapat dilaksanakan semuanya Hoof, Maka Niet perlu ditinggalkan keseluruhannya. Dengan demikian, Regte Dan pelaksanaan PBK sampai batas-batas tertentu boleh dinyatakan dapat verdien punte term of setidak-tidaknya sesuai dengan semangat Dan JIWA normale Regte Islam, dengan menganalogikan kepada baai al-Salam. Dihimpun dari berbagai beste bron
No comments:
Post a Comment